Perbedaan (Kartu Indonesia Sehat) KIS dengan BPJS

By On Sabtu, November 15th, 2014 Categories : Tips Kesehatan

Apakah anda tahu, apa perbedaan KIS dengan BPJS ?

Tepat dihari ke-14 setelah dilantik untuk menjabat sebagai Presiden RI ke-7, pak jokowi resmi meluncurkan 3 kartu sakti yang menjadi salah satu program andalannya. Ketiga kartu tersebut terdiri dari Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Dari ketiga jenis kartu tersebut, KIS merupakan salah satu jenis kartu yang akan saya jelaskan pada pembahasan kali ini. Kehadiran KIS ini banyak kalangan masyarakat yang memperbincangkannya, sebagian dari mereka ada yang merasa bingung karena saat ini pun sedang berjalan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang kelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) yang resmi di luncurkan pada tanggal 1 Maret 2014 oleh presiden RI ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono atau yang lebih kita kenal dengan sebutan SBY.

KIS merupakan program jaminan kesehatan yang diperuntukan bagi kalangan masyarakat yang tidak mampu, sedangkan BPJS yaitu suatu lembaga atau badan yang mengelola  jaminan tersebut. Pendanaan jaminan kesehatan ini disubsidi oleh pemerintah lewat APBN, jika jaminan kesehatan nasioal (JKN) yang masih dalam pengelolaan BPJS merupakan jaminan sosial yang lebih terfokus pada sistem iuran yang dimana para peserta mandiri harus membayar dengan jumlah yang telah ditentukan setiap bulannya.

Perbedaan (Kartu Indonesia Sehat) KIS dengan BPJS

Apakah anda masih bingung dengan perbedaan jenis program tersebut ? untuk lebih jelasnya, simak rangkumannya berikut ini.

Pada prinsipnya, semua jenis program ini sama dengan bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat agar mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan, sehingga semua masyarakat khususnya bagi rakyat miskin yang tidak mampu yang akan berobat baik di tingkat pelayanan kesehatan pertama maupun tingkat lanjutan.

Namun ada perbedaan antara Kartu Indonesia Sehat dengan BPJS memiliki perbedaan yang diantaranya yaitu :

  1. KIS merupakan jaminan kesehatan yang diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mampu, sedangkan BPJS yaitu sebuah badan atau lembaga yang menyelenggarakan dan mengelola jaminan kesehatan tersebut.
  2. KIS hanya diperuntukan bagi seseorang yang dimana kondisi ekonominya sangat lemah, sedangkan BPJS merupakan jaminan kesehatan yang diwajibkan bagi setiap warga Negara Indonesia baik yang mampu ataupun tidak mampu. Bagi rakyat yang tidak mampu, iurannya ditanggung oleh pemerintah.
  3. Pemakaian KIS dapat dilakukan dimana saja, baik di klinik, puskesmas atau dirumah sakit manapun yang ada di Indonesia. Sedangkan pemakaian BPJS hanya berlaku di klinik atau puskesmas yang telah didaftarkan saja.
  4. KIS dapat digunakan tidak hanya untuk pengobatan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan pencegahan. Sedangkan penggunaan BPJS hanya dapat digunakan jika kondisi kesehatan peserta sudah benar-benar sakit atau harus dirawat.
  5. KIS merupakan jenis jaminan kesehatan yang mendapatkan subsidi dari pemerintah, sedangkan pengguna BPJS diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulannya dengan jumlah yang telah ditentukan.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjelaskan bahwa  fungsi dari KIS dan BPJS itu sama yaitu untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam berobat, walaupun serupa JK menegaskan kedua jenis kartu itu tidak akan tumpang tindih. “Ya, tentu fungsinya sama, cuma kalau kartu sehat servisnya lebih ada kelebihannya, tapi prinsipnya adalah sama,” ujar JK

Nah, itulah perbedaan KIS dengan BPJS. Semoga penjelasannya dapat dimengerti, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Advertisements

Artikel Terkait: Perbedaan (Kartu Indonesia Sehat) KIS dengan BPJS

Komentar Pengunjung

52 tanggapan untuk “Perbedaan (Kartu Indonesia Sehat) KIS dengan BPJS”

  1. KALAU RUMAH SAKIT SWASTA APA JUGA DITANGGUNG KARTU INDONESIA SEHAT? ?/

  2. SAM berkata:

    Mau tanya min, Sy peserta bpjs mandiri. Kok dikasihnya kartu KIS?

  3. adi herwanto berkata:

    Mau nnya ni mbak kis (kartu indonesia sehat ) iyalah bpjs atau bukan

  4. sadahalida berkata:

    Mau tanya, klw mau urus kartu kis di bpjs kita harus bawah kartu keluarga, kartu kis jg surat keterangan lahirnya anak ,krn ini untk urus administrasinya orang yg abis melahirkan, mohon infonya?

  5. irnawati berkata:

    permisi pak, saya mau tanya saya kan punya kartu KIS dri kampung, setelah di jakarta dri kantr mau di daftarkan BPJS msih aktif,, sedngkan ktp saya sudah ganti alamt di jakarta.. gimana pak masih bisa gak??

  6. Iyan ahmat berkata:

    Cara mengurus kartu KIS apakah gratis tidak ada iuran

  7. RICKY berkata:

    Kalau kartu KIS yg dri pemerintah itu kelas brpa?

  8. maman berkata:

    Adik ipar sy januari kemaren kena diabetes dan dirawat dirs pasarminggu.menggunakan kis alhamdulillah tidak dipungut biaya sepeser pun,padahal almt diktp dan kartu kis kuningan jabar,jd benar adanya kis bisa digunakan.pelayanan dan perawatannya pun cukup memuaskan.

  9. Kiki berkata:

    Apakah kis bisa digunakan untuk persalinan di rumah sakit/bidan setempat? APAKah juga tidak akan dipungut biaya untuk ibu dan calon anak?

  10. Titis berkata:

    Min.,mau tnya saya daftar bpjs n byar 80rb per bln,tpi saya kok dpt kartu KIS ya.,mhon pnjelasannya min.,thx

    • Engz Efendi berkata:

      itu masuknya BPJS bukan KIS walaupun kartunya ada tulisan KIS. Kartu KIS gak perlu daftar orang2nya dipilih langsung oleh pemerintahan setempat.

  11. Nia berkata:

    Min saya ktp dki udah punya bpjs yang tidak di pungut biaya ,kmren ngurusnya di puskesmas , nah nanti lebran saya pulang kampung di jatim kebetulan pas tanggal lahir pas lebaran bisa kartu bpjs tanpa iuran perbulan itu di pake??

    • Engz Efendi berkata:

      Bisa, caranya lapor dulu ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat di kampung halaman untuk minta surat pengantar (surat berobat) ke faskes 1 terdekat (bukan faskes tingkat lanjut (rumah sakit)) Jangan lupa bawa KTP, Kartu BPJS, dan Surat Keterangan Domisili ke Kantor BPJS nya

  12. yuda sanjaya berkata:

    Saya orang… Bandung meratau di bali … Saya punya kartu kis… Apakah bisa di pakai di bali kalou sedang sakit … Kalau bisa syarat nya apa saja …apa cuma nunjukin kartu kis saya doang … Trima kasih

  13. Aditya berkata:

    Saya PNS udah ada Askes, tapi kemarin pas mau perubahan data faskes, kok malah di rubah kartunya jadi KIS. Apakah askes sama KIS itu sama saja, khusus nya untuk pns. ?

  14. arloenet3c berkata:

    Poin nomor 3 yg tertera pada KIS adalah untuk menghubungi kantor bpjs stempat waktu mengalalmi kehilangan ato kehilangan.
    Jika baru pindah tempat(selesai mengajukan KK baru),kemanakah kantor bpjs setempat yang di maksud?
    Kantor bpjs tempat tinggal yang lama ato kantor bpjs tempat tinggal yang baru?

  15. keluarga Saya pnya bpjs, tp kmren dpt drpemerintah KIS tp kq yg dapet kq hny ibu sya, apkh hny ibu saya ,atau emg laen nya menyusul? trimakasih

  16. armigawati berkata:

    Saya peserta BPJS dari perusahaan, saat pergantian dari perusahaan lama ke perusahaan baru kartu BPSJ dr perusahaan lama tdk berlaku lg dan dari perusahaan yg sekarang dptnya kartu KIS. Katanya KIS tak perlu bayar iuran sedangkan kami bayar iuran lewat perusahaan. bagaimana itu?…..

  17. Angky Prasetya berkata:

    Min maaf mau nanya untuk surat KIS yang telah hilang apa masih bisa dibuat lagi?bagaimana caranya??terimakasih

  18. boyke siahaan berkata:

    Apakah operasi cesar persalinan jg gratis jika memakai KIS?

  19. ardy irawan berkata:

    Saya punya kartu kis,terus kemarin aku ke rumah sakit untuk berobat,dan kartu kis ku katanya tidak aktif? Apa memamng kartu kis itu ada massa aktifnya? Makasi min

  20. Dodik berkata:

    Selamat siang, saya menerima KIS (Kartu Indonesia Sehat) dengan alamat pertama, sedangkan saya sudah pindah domisili, apakah bisa dirurus, apa sudah tidak bisa dipergunakan ,Terimas kasih

  21. Rika Arianto berkata:

    Mau tanya gan , saya kan sudah menikah , apa bisa kartu kis di gunakan sedangkan sudah tdk satu rumah lagi di keluarga , mksd nya sudah pisah karna menikah

  22. Juanita Boom berkata:

    Anak saya dapat KIS domisili karanggayam kebumen tapi saya pakai di puskesmas surabaya tidak diterima, katanya harus digunakan di wilayah yg sesuai dgn penerbitannya. Saya bingung padahal tulisannya KARTU INDONESIA SEHAT jadi kan hrsnya dimana saja asalkan masih wilayah Indonesia asih bisa dipakai berobat. Terima kasih, mohon tanggapannya. JUANITA

    • Engz Efendi berkata:

      Harus lapor dulu ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk minta surat pengantar (surat berobat) Jangan lupa bawa KTP/KK, Kartu KIS/BPJS, dan Surat Keterangan Domisili ke Kantor BPJS nya

  23. Agustina berkata:

    Biaya yg ditanggung oleh KIS berapa persen ya

  24. Gabriella meilza berkata:

    Saya dan kluaga kan dpt KIS tapi kenapa masih disuruh bayar iuran?? Mohon responnya ya

  25. pardi berkata:

    Saya dan keluarga dpt KIS,tpi sy ingin merubah menjadi bpjs,,bisa tdk ya? D krnkan,kmrn tetangga pengguna KIS,msk rmh sakit tpi d suruh ganti jdi BPJS terlebih dahulu..

  26. ririn hidayat berkata:

    Maaf mau nanya… misal kan. Peserta bpjs kelas 1 meninggal dunia. Dan blum pernah menggunakan kartu kesehatan selama hidup..dan bpjs itu sdah di bayar kan selama 6 tahun.itu gmn ya.tanggapan pihak kantor.. tentang kesehatan itu…

  27. aisyah berkata:

    Saya daftar bpjs mandiri kelas 3 tp dpt kis tp kok tetap byr

    • Engz Efendi berkata:

      BPJS kan sekarang tulisan di kartunya ada tulisan KIS juga, jdi yang didapet emang bukan KIS yang tanpa harus bayar iuran. KIS yang gak bayar itu dipilih oleh pemerintahan setempat jdi gak perlu daftar, paling bisa pengajuan itu juga klo disetujui karena tiap desa/kelurahan ada jatah quotanya.

  28. Wiwik berkata:

    Suami saya pns anak saya 2 memiliki askes,3 bln yg lalu saya melahirkan anak ke -3 saya dpt kartu KIS apa saya beserta suami dan 2 anak saya hrs ganti kartu ASKES semua jadi KIS tmks

  29. pitha berkata:

    Saya pernah melahirkan di puskesmas.. dan gratiss.. pelayanannya jg bagus bgt #top.PuskesmasBoyolanguTulungagung#Jawatimur #terimakasihKis #Kis

  30. lhina berkata:

    Saya dapat KIS tapi saya mau ganti BPJS bisa nggak.terus saya bayar perbulan kha.?? Tolong saya mau jawbanx

  31. Abeh mito berkata:

    Maaf mau tanya min, saya punya kartu KIS domisili saya Bekasi, kok ga bisa dipake di kota lain (Purbalingga) ya

  32. Engz Efendi berkata:

    lapor dulu ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat di purbalingga untuk minta surat pengantar (surat berobat) ke faskes 1 terdekat (bukan faskes tingkat lanjut (rumah sakit)) Jangan lupa bawa KTP, Kartu BPJS, dan Surat Keterangan Domisili ke Kantor BPJS nya

  33. Colin berkata:

    Maaf saya mau tanya..mama saya dikampung bisa tidak ya ketangerang buat berobat pake kartu KIS bisa tidak??klu bs apa saja persyaratannya

  34. Rafii berkata:

    Maaf bak kis apakah kis bisa di bawa brobat
    Di mana aja.. Atau hanya d daerah tertentu.????

  35. Devi Arista berkata:

    Saya mempunyai kartu KIS, setelah sy menikah sy ikut suami dan akan mengurus KK dan KTP baru di alamat suami. Lalu untuk kartu KIS saya gmn ya min agar tetap bsa dgunakan? Karena alamatnya akan berbeda, bagaimana prosedur pengurusan agar kartu KIS bisa satu alamat yg baru dgn KK dan KTP sy nti?? Trimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *